Rabu, 09 Januari 2013

NATAL JUGA HARI RAYA UMAT BERAGAMA


Perlu diketahui bahwa indonesia mempunyai beragam agama dan kepercayaan oleh sebab itu indonesia dianggap sebagai negara yang mengangkat nilai-nilai pluralitas yang tinggi. Diindonesia sendiri terdapat kurang lebih 5 (lima) agama yakni islam, kristen, katholik, hindu dan budha.
Telah diketahui juga bahwa umat kristiani merayakan hari kelahiran yesus kristus atau disebut dengan hari natal pada tanggal 25 desember setiap tahunnya, jika didalam islam diberi nama maulid Nabi S.A.W. oleh sebab itu kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi akan nilai pluralitas tinggi harus tahu semua tentang hari-hari besar diindonesia.
Seperti telah dituturkan dalam pancasila sila ketiga yakni persatuan indonesia, sudah tertta rapi dan jelas bahwasanya kita harus menjunjung persatuan bangs indonesia. karena pancasila sendiri adalah tiang kemerdekaan bangsa indonesia yang harus kita abadikan dan kita budidayakan.
Beranjak dari indonesia dalam Indonesia semua uniersitas atau kampus mempunya jajaran  organisasi baik dilingkup intra maupun ekstra, diantaranya yakni Pergerakan Mahasiswa islam indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa islam (HMI), Kesatuan aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Dan lain sebagainya yang dimana semua organisasi tersebut mengajak untuk menjunjung nasionalitas bangsa yang dibudidayakan.
Seperti halnya didalam organisasi mahasiswa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang mempunyai aswaja sebagai Manhaj al-fikr yang didalamnya telah diajarkan tentang toleransi, salah satuny yaakni mengenai toleransi antar umat beragama, oleh sebab itu kita sebagai insan pergerkan harus menghargai makna tentang semu hari-hari raya umat beragama diindonesia salah satunya yakni hari raya umat kristiani atau disebut dengan hari natal yang diselenggarakan pada tanggal 24 desember setiap tahunnya.
Telah kita ketahui juga bahwa tuhan yang maha esa atau Allah SWT telah mempunyai sifat yang tertera dalam asma’ul husna yang disebut dengan sifat maha adil, oleh sebab itu Allah tidak mungkin menciptakan manusianya yang tidak mempunyai sifat adil. Karena sudah disebutkan juga didalam hadits yang artinya “persatuan dan kesatuan adalah awal dari kesuksesan”.
Maka didalam Pergerakan Mahasiswa islam Indonesia (PMII) juga diajarkan akan toleransi terhadap siapapun disamping itu juga telah diajarkaan tentang hablum minannas, oleh sebab itu insan pergerakan harus mempunyai sifat seperti itu agar bisa ditumbuhkan sifat nasionalitas yang tinggi dan tidak membuat onar atau keributan dinegara sendiri.
Mengingat tentang keributan yang diciptakan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri maka dari sekarang kita harus mempunyai sifat menghargai satu sama lain karena manusia diciptakan oleh tuhan sebagai makhluk sosial, oleh sebab itu kita sebagai manusia yang sudah terdidik sebagai agen of change dan agen of control harus bisa merubah image bangsa indonesia seperti itu..
Dan mulai sekaranglah kita sebagai umat beragama dan insan pergerakan bisa menghargai hari-hari raya umat beragama diindonesia karena hari natal juga hari raya umat bergama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar